Gerak Lurus Beraturan dan Berubah Beraturan

      Gerak Lurus Beraturan sendiri memiliki perngertian sebagai berikut yaitu gerak benda pada lintasan lurus dengan kecepatan yang dimiliki benda tetap ( v = tetap ) sedangkan percepatannya sama dengan nol ( a = 0 ). Kecepatan tetap artinya baik besar maupun arahnya tetap. Kecepatan tetap yaitu benda menempuh jarak yang sama untuk selang waktu yang sama.

s = v \cdot t \!

dengan arti dan satuan dalam SI:

  • s = jarak tempuh (m)
  • v = kecepatan (m/s)
  • t = waktu (s)

Sedangkan

    Gerak Lurus Berubah Beraturan  yaitu gerak benda pada lintasan lurus dengan percepatan atau perlambatan tetap. Pada gerak lurus berubah beraturan percepatan yang dimiliki benda adalah tetap, sedangkan kecepatannya berubah beraturan.

Gerak lurus berubah beraturan ada dua macam yaitu :

  1. GLBB dipercepat
  2. GLBB diperlambat

Suatu benda dikatakan melakukan gerak lurus berubah beraturan dipercepat apabila kecepatannya makin lama bertambah besar, sedangkan sebuah benda dikatakan melakukan gerak lurus berubah beraturan diperlambat apabila kecepatannya makin lama berkurang sehingga pada suatu saat benda itu menjadi diam (berhenti bergerak).

s = v_0 \cdot t +  \frac{1}{2} a \cdot t^2 \!
  • a = percepatan (m/s2)
  • t = waktu (s)
  • s = Jarak tempuh/perpindahan (m)
  • Vo = kecepatan awal m/s

Momen inersia

Adalah ukuran kelembaman suatu benda untuk berotasi terhadap porosnya. Momen inersia suatu benda terhadap poros tertentu besarnya berbanding lurus dengan massa bedna dan kuadrat dari jarak. Momen inersia  bisa ditulis dalam persamaan atau rumus matematika

I = mr2

I= momen inersia (satuan kgm2),

m = massa (satuan kg),

r =jarak partikel ke sumbu putar (satuan m).

GLB DAN GLBB NITA DWI MARYATI 1101154552.compressed