Karakteristik Java

Nama : Nita Dwi Maryati
Nim : 1101154552
Kelas : TT-39-06

           Sebelum membahas karakteristik java lebih baik untuk mengetahui terlebih dahulu apa itu java. Java adalah merupakan bahasa pemograman tingkat tinggi (yang dimaksud bahasa tingkat tinggi disini adalah bahasa yang mudah dimengerti manusia) yang berorientasi objek, yang dimaksud beorientasi objek atau yang biasa dikenal (OOP) yang dimana merupakan cara dalam pengorganisasian dan pengembangan alat lunak yang saling berinteraksi, sehingga objek-objek tersebut sebenarnya independen namun bernteraksi dan memerintahkan satu sama lain . Adapun karakteristik java antara lain :
1. Simple atau sederhana
Java adalah bahasa pemograman yang sederhana yang mudah dimengerti manusia jika dibanding bahasa pemograman lainnya , walaupun sederhana java memiliki kemampuan lebih tinggi. Java menggunakan automatic memori dan memori garage collection (manajemen memori secara otomatis).

2. Berorientasi objek (object Oriented)
Yang dimaksud berorientasi objek disini yaitu java dirancang untuk memiliki kemampuan pemograman berorientasi objek melalui pendekatan dan perancangan berdasarkan objek sehingga program dapat dibuat secara modular dan dapat digunakan kembali .

3. Distributed (dapat didistribusikan dengan mudah)
Java mempunyai kemampuan networking yang baik serta Java juga dilengkapi libraries networking yang membantu pendistribusian aplikasi secara mudah sehingga membantu progammer mengirim dan menerima file.

4. Interpreter
Karakteristik terpenting pada java yang berfungsi menerjemahkan kode bytecote kedalam mesin dari komputer.

5. Robust
Java memiliki kemampuan mendeteksi error secara teliti dan mengantisipasi adanya bug ketika memogram.

6. Aman
Untuk menjaga sistem komputer agar tidak rusak java melengkapinya dengan berbagai mekanisme keamanan.

7. Architecture neutral
Karena java ada pada JVM ( java virtual machine) sehingga program dapat digunakan pada arsitekture komputer yang berbeda-beda idak tergantung pada satu jenis saja.

8. Portable
Karena java memiliki karakteristik netral arsitekture maka java dapat digunakan secara mudah karena dapat dibawa kemana-kemana dan tidak memerlukan compilasi ulang pada program.

9. Performance
Performa pada java kurang begitu bagus sehingga harus dibantu dengan teknologi proscessor untuk meningkatkan performanya.

10. Dinamis
Pada program java tidak memerlukan kompilasi secara ulang karena java menggunakan metode interfes sehingga tidak mempengaruhi satu sama lain.

11. Multithreated.
Memiliki kemampuan untuk memproses tugas secara bersamaan .